KEGIATAN OUT BOND PRAMUKA DAN LATIHAN PBB

KEGIATAN OUT BOND PRAMUKA DAN LATIHAN PBB PASKIBRA
SEBAGAI PENGUATAN PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal 2021/2022 telah selesai dilaksanakan dengan sukses dan lancar pada tanggal 27 November – 3 Desember 2021, pekan akhir semester gasal setelah PAS diadakan mulai dari tanggal 4 – 18 Desember 2021 yakni dengan digebernya beberapa kegiatan berbasis penguatan pembentukan karakter siswa melalui kegiatan remidi, kerja bakti, lomba kebersihan dan penataan kelas, sosialisasi peminatan SMA/SMK sekitar sekolah, serta kegiatan ekstra kurikuler wajib Pramuka dan Paskibra. Pramuka mengadakan kenaikan tingkat ramu ke rakit bagi siswa kelas 7, dengan berbagai kegiatan out bond yang seru dan menyenangkan. Sedangkan Paskibra mengadakan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bagi siswa kelas 8, dengan berlatih berbagai gerakan baris berbaris yang seru dan penuh konsentrasi.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Di SMPN 3 Krian, Pramuka dijadikan sebagai ekstra wajib karena memberikan pendidikan yang membentuk karakter. Seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh dan taat pada peraturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Selain itu, mengikuti ekstra Pramuka diharapkan bisa menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab dari para siswa. “ Dengan kegiatan out bond kenaikan tingkat ramu ke rakit ini akan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, mengarahkan pertumbuhan tubuh siswa agar sehat secara jasmani rohani, sehingga siswa dapat menjalankan berbagai tugas pokok dengan sempurna ” ucap Kak Indra. “ Dalam kegiatan out bond kenaikan tingkat ranu ke rakit ini siswa juga diajarkan, untuk saling kerja sama, toleransi, kompak, kejujuran, sopan santun, dan percaya satu sama lain dalam kebenaran. Hal ini sangat sesuai dengan karakter siswa yang diharapkan seperti dalam Visi Sekolah ” sambung Kak Yanu selaku Pembina Ekstra wajib Pramuka.

Berikutnya adalah ekstrakurikuler Paskibra, dalam pekan akhir semester ini mengadakan latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) bagi seluruh siswa kelas 8. Latihan PBB adalah wujud suatu latihan fisik berbasis kedisiplinan, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan batin guna menanamkan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang diarahkan kepada terbentuknya suatu watak tertentu atau disebut dengan karakter. Latihan PBB mengajarkan kepada para siswa tentang baris berbaris, kekompakan, mendisiplinkan, dan menertibkan setiap siswa, baik didalam maupun diluar kegiatan. Di SMPN 3 Krian, latihan PBB ini diwajibkan karena bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Dengan PBB juga diharapkan dapat melatih sekaligus menguatkan karakter para siswa menjadi pribadi yang tegas bertanggung jawab dalam segala hal. “ Didalam ekstra PBB terdapat beberapa dasar pelatihan diantaranya yaitu, bersiap, berhitung, hormat, hadap kanan dan hadap kiri, lencang depan dan lencang kanan, dan balik kanan. Seluruh Latihan PBB ini diberikan dengan penuh konsentrasi dan permainan PBB yang seru oleh Danton dan peleton inti Paskibra Spentika “ jelas Kak Wulan Pembina Ekstra Paskibra.
Seluruh kegiatan pekan akhir semester gasal dilaksanakan secara bergelombang dan tetap mematuhi prokes. Dengan berbagai kegiatan pekan akhir semester berbasis penguatan pembentukan karakter siswa ini semoga tercapai karakter siswa SMPN 3 Krian yang beriman bertaqwa dan berprestasi sesuai dengan visi sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *